Member Center
Home . Tips Menghemat BBM dari SMartbeli.com

Tips Menghemat BBM dari SMartbeli.com

Tanggal Rilis:2014-11-18 10:00

Dengan memakai kemeja putih, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan penuh percaya diri mengumumkan kenaikan harga bahan bakar BBM (BBM) bersubsidi di Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin 17 September 2014.

Harga premium naik Rp 2.000 menjadi Rp 8.500 per liter dari sebelumnya Rp 6.500 per liter. Sementara harga solar naik Rp 2.000 dari Rp 5.500 menjadi Rp 7.500 per liter. Harga baru itu berlaku mulai Selasa (18/11/2014) pukul 00.00 WIB.

Kenaikan BBM memang sangat terasa bagi sebagian masyarakat Indonesia. Nah, dengan kenaikan BBM tersebut SMartbeli.com ingin memberikan beberapa sedikit tips untuk mengurangi penggunaan BBM saat berkendara agar lebih hemat.


1. Isi BBM diwaktu awal pagi atau diwaktu suhu dingin. Ini karena ia memiliki kapasitas lebih banyak cairan bensin pada waktu dingin dibandingkan waktu panas karena banyak uap.

2. Isi BBM secara perlahan sehingga cairan bensin dapat masuk sepenuhnya kedalam tangki dan mengurangi fenomena uap bensin menguap bebas dan membuang bensin Anda.

3. Isi BBM saat tangki setengah penuh. Ini karena lebih banyak sisa BBM dalam tangki akan mengurangi kapasitas ruang udara sekaligus Anda dapat lebih bensin dalam tangki yang lebih optimal.

4. Kurangi beban berat. Jangan bawa barang yang tidak perlu. Penambahan berat 50 kg meningkatkan penggunaan BBM sebesar 2%.

5. Perhatikan tekanan angin ban Anda. Tekanan angin yang berkurang akan menambah 5% penggunaan BBM karena gesekan berlebihan.

6. Pemeliharaan. Tuning injin yang buruk meningkatkan penggunaan BBM sampai lebih 50%. Rajinlah periksa secara berkala tingkat busi, tali kipas dan filter udara.

7. Kecepatan – Lebih lambat Anda mengemudi, lebih hemat bahan bakar yang digunakan malahan dapat mengelak dari kena saman. Mengemudi melebihi 90 km / jam akan meningkatkan secara signifikan penggunaan bensin.

Sebelum lanjut ke yang nomer 8 dan seterusnya, Iklan dulu ya.. #Promo90Ribuan ada Powerbank SCUD 6600 mAh, FlashDisk OTG, Bantal Leher MP3 dan XIOAMI Tumbler.


8. Jika mobil tidak bergerak. Hindari menekan pedal gas jika mobil tidak bergerak.

9. Penggunaan Gear – Pilih gear yang sesuai dengan kecepatan. Menggunakan gigi rendah untuk kecepatan tinggi menyebabkan pemborosan BBM karena rpm akan meningkat.

10. Rem – Jika Anda sudah tahu dimana akan berhenti, perlahankan mobil Anda secara bertahap.

11. Perencanaan – Rencanakan perjalanan untuk menghindari kemacetan lalulintas. Ini menghemat waktu uang dan menghindari stres. Anda juga dapat mengatur perjalanan Anda agar dapat memaksimalkan tujuan dalam satu perjalanan. Misalnya balik dari kerja dapat singgah membeli barang, mengisi BBM dan sebagainya. jadi tak perlu keluar berulang kali.

12. Minimum – Kurangi perjalanan jarak dekat karena ini meningkatkan penggunaan BBM sebesar 40%. Kalau sekadar kekedai dekat sebaiknya hanya naik motor, sepeda atau berjalan kaki saja.

13. Tak perlu pasang air conditioner jika cuaca dingin, atau tutup air conditioner ketika dah nak sampai destenasi. Penggunaan BBM meningkat 10% bila menggunakan air cond.


Itulah sedikit info cara mengatasi BBM dari smartbeli.com, selamat mencoba.


 

Article List